Wednesday, April 26, 2023

ENERGI BARU DI HARI PERTAMA // by. ida kholidah

ENERGI  BARU DI HARI PERTAMA

Oleh: Ida Kholidah

Keadaan seperti ini diharapkan bisa menumbuhkan energi baru dalam menghadapi kegiatan rutinitas berikutnya sehingga akan menghasilkan pribadi yang lebih produktif “



Keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 327 Tahun 2023 Nomor 1 Tahun 2023 Nomor 1 Tahun 2023  tentang   Perubahan Keputusan  bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1066 Tahun 2022 Nomor 3 Tahun 2022 Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti bersama Tahun 2023 dalam rangka meningkatkan keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran mobilitas masyarakat pada arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 144 Hijriah.

Surat Keputusan tersebut menyatakan berakhirnya libur lebaran pada tanggal 25 April 2023, maka rabu 26 April 2023 semua kantor sudah mulai beraktivitas kembali walaupun pemerintah menghimbau bagi yang tidak ada kepentingan mendesak agar tidak melakukan perjalanan pada tanggal 24-25 April 2023 atau di atas tanggal 26 April 2023  untuk menghindari penumpukan arus balik. Namun semangat untuk kembali beraktivitas rutin tidak menghalau hambatan kemacetan arus balik, hal ini terlihat dengan sudah mulainya kegiatan  di instansi-instansi serta sekolah-sekolah bahkan terlihat adanya sidak ke beberapa instansi pemerintah. Namun begitu masih ada beberapa pegawai yang terkendala arus balik sehingga belum bisa mulaimasuk bekerja.

Hari pertama masuk bekerja tentunya membawa semangat baru setelah menikmati masa libur lebaran selama lebih dari sepekan bersama keluarga dan sanak saudara serta handai taulan yang merupakan moment spesial yang sangat dinanti dengan model liburan beragam mulai dari hanya tinggal di rumah saja menjadi quality time keluarga, model liburan murah meriah hingga model liburan dengan berwisata ke tempat yang diidam-idamkan yang cukup menguras kantong. Semuanya dengan maksud yang sama adalah mengisi liburan agar hati senang setelah berkutat dengan kegiatan rutinitas yang terkadang membosankan. Namun ada juga yang mengisi liburan dengan memanfaatkan moment lebaran ini untuk mengais rezeki tambahan di tempat-tempat kerumunan orang yang hanya ada setahun sekali.

Mengawali kegiatan rutinitas baru diisi dengan acara temu kangen dan saling memaafkan sehingga suasana menjadi haru, kemudian dilanjutkan dengan saling bertukar cerita sambil menikmati makanan khas lebaran yang dibawa dari kampung masing-masing. Kegiatan ini semakin mengeratkan tali silaturrahmi diantara semuanya sehingga suasana menjadi hangat dan kondusif. Keadaan seperti ini diharapkan bisa menumbuhkan energi baru dalam menghadapi kegiatan rutinitas berikutnya sehingga akan menghasilkan pribadi yang lebih produktif.

 Wallaahu a’lam

Baarakallah lanaa wa lakum

 #Salam Literasi: Indonesia_Berkarya!!!

#Salam Guru Literat: Semangat_Hebat_Literat!!!!

 Dokumentasi: Ari Maryati

Baca juga : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam MGMP PAI SMP Kab. Purwakarta

0 comments:

Post a Comment