Friday, June 30, 2023

DIALOG JIWA

ayo semangat

Hari ini saya ingin bercerita tentang program "Meayrdeka Mengajar". Kita tahu kan apa itu "Merdeka Mengajar"? Nah, sebenarnya itu program yang mengajarkan kita bagaimana cara menjadi guru yang merdeka. Tapi, jujur saja, saya agak bingung dengan konsep "Merdeka Mengajar" ini.

Saya berpikir, "Apakah guru-guru ini diajarkan bagaimana merdeka dari tugas mengajar?" Maksud saya, bayangkan jika seorang guru bilang, "Hari ini saya merasa tidak merdeka, jadi saya tidak akan mengajar." Anak-anak di kelas pasti akan bersorak, tapi orang tua mungkin tidak akan terlalu senang.

Atau mungkin "Merdeka Mengajar" berarti guru-guru boleh mengajar dengan pakaian apa pun yang mereka suka. Jadi, seorang guru bisa datang ke sekolah dengan kostum superhero dan mengajar matematika. Anak-anak pasti akan terkejut dan sulit berkonsentrasi. Tapi setidaknya guru-guru akan merasa merdeka dalam pilihan busana mereka.

Tapi kemudian saya berpikir, mungkin "Merdeka Mengajar" artinya guru-guru bisa memilih apa yang ingin mereka ajarkan. Jadi, seorang guru bisa datang ke kelas dan berkata, "Hari ini kita akan belajar cara membentuk gelembung sabun yang super besar!" Saya yakin anak-anak akan senang, tapi apakah mereka belajar sesuatu yang bermanfaat? Saya tidak yakin.

Lalu, saya menyadari bahwa "Merdeka Mengajar" sebenarnya adalah program yang mengajarkan para profesional dan pekerja lain bagaimana menjadi guru sambil tetap menjalankan pekerjaan utama mereka. Dan saya pikir itu sangat keren!

Bayangkan jika seorang petugas polisi menjadi guru. Dia bisa mengajar anak-anak bagaimana cara menyeberang jalan dengan aman, sambil mengenakan seragam polisi dan memakai topi yang keren. Anak-anak pasti akan terpesona dan belajar dengan antusias.

Atau bayangkan seorang koki restoran yang menjadi guru. Dia bisa mengajar anak-anak cara memasak hidangan lezat, sambil memberikan contoh langsung di kelas. Anak-anak pasti akan senang bisa mencicipi masakan yang diajarkan oleh seorang ahli.

Jadi, meskipun awalnya saya bingung dengan konsep "Merdeka Mengajar", sekarang saya melihat betapa pentingnya program ini. Mengajar adalah tugas yang mulia.. semoga _/\_. 

by.eep







0 comments:

Post a Comment