Wednesday, November 29, 2023

Pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an Metode GARUDA Mengukir Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an

 MGMP PAI SMP GELAR BIMTEK METODE GARUDA
doc.mgmp

Purwakarta_PENA.GPAI, Maraknya Metode BTQ Baru, GARUDA, Menjawab Tantangan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Purwakarta
Pada hari Rabu, 29 November 2023, MGMP PAI SMP di Purwakarta, dengan dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, menggelar Pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an Metode GARUDA (Gabungan Rumus Dasar Al-Qur’an) di SMPN 1 Sukatani. Pelatihan ini diikuti oleh 30 Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dari berbagai sekolah di sekitar Kabupaten Purwakarta.
Kegiatan pelatihan (Bimtek) ini diselenggarakan secara offline dan online, diawali dengan pembukaan oleh Iis Ismawati, Wakil Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Purwakarta, dan secara daring oleh H. Annur Safana, M.Ag, Kepala Seksi PAI Kementerian Agama RI Provinsi Jawa Barat. Turut hadir dalam acara ini beberapa tokoh penting, antara lain Kasi PAI Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta H. Anang Sunarya, M.Ag, Kasi PTK SMP Disdik Kabupaten Purwakarta H. Asep Rahmatudin, M.Ag, Kepala Sekolah SMPN 1 Sukatani Hj. Eva Nurlaela, serta Pengawas PAI Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta beserta nara sumber inti, Ustadz Yayan Sofyan Sauri, yang menciptakan metode GARUDA dengan dukungan tim pengawas seperti Hj. Lulu Makkiyah, M.M.Pd, dan Tuti Herawati, S.Ag.
 
Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiata , Annur Safana menekankan pentingnya peningkatan kompetensi GPAI dalam bidang BTQ untuk mendukung pemahaman bacaan al-Qur’an siswa tidak hanya dalam membaca dan menulis, tetapi juga dalam memahami maknanya. Pun begitu sejalan dengan kasi PAI Kanwil H. Anang Suryana menekankan pentingnya mengajarkan al-quran dan mengamalkannya. Kasi GTK Dinas Pendidikan, Asep Rahmatudin, memberikan bimbingan kepada peserta, menyoroti perlunya GPAI memiliki pemetaan kerawanan BTQ dalam memberikan pengajaran kepada siswa. Ia juga memberikan apresiasi luar biasa terhadap metode GARUDA yang mempermudah pembelajaran bagi anak-anak yang sudah mampu membaca huruf Latin.
Acara bimtek ini diakhiri dengan petuah dari Asep Rahmatudin, mengingatkan agar GPAI tidak pernah merasa puas dengan pencapaian saat ini dan selalu berusaha untuk meningkatkan ilmu yang dimiliki.

Pelatihan ini menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kualitas bacaan al-Qur’an di Kabupaten Purwakarta, memperkenalkan metode GARUDA sebagai solusi terkini dalam mengatasi tantangan kualitas bacaan al-Qur’an. Dengan adanya dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak, diharapkan bahwa metode GARUDA ini dapat menjadi pondasi yang kuat dalam memperbaiki kualitas pembacaan al-Qur’an di kalangan masyarakat Purwakarta.
 
Ditulis oleh [Ida Kholidah],
Baca Juga : Jurnal Mudarris

0 comments:

Post a Comment