Sunday, February 19, 2023

Menuju Akreditasi Jurnal

Kasubdit PAI SMP membuka kegiatan


[pena_GPAI]  Kegiatan ICT bagi guru dilaksanakan di hotel Soll Marina Serpong Tanggerang selama 3 hari mulai dari kamis 16/2/23 sampai sabtu 18/2/23, diikuti oleh 30 pengelola jurnal se Indonesia.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kasubdit PAI SMP Drs. H. Agus Soleh, M.Ed, dalam sambutannya beliau menyampaikan target pengelolan jurnal harus terakreditasi minimal shinta 4. Lebih jauh lagi meliau menegaskan, melalui tangan editornya, jurnal ilmiah akan menghasilkan artikel-artikel yang menarik, mampu menarik narasumber pada beberapa topik yang belum diketahui, dan berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan.

Selain kompetensi editorial, proses peer review membutuhkan keahlian
dan peran penting dari reviewer. Untuk menjadi reviewer yang baik, penting untuk memahami proses review dan peran reviewer.

Senada dengan Kasubdit, Heri Anshori selaku Kasi PAI Kementerian Agama RI menegaskan, beberapa kendala dalam proses peer review, termasuk mandat lingkup jurnal yang berbeda, memperlambat proses review. Selain itu, masalah muncul saat mendeteksi kesalahan dan kecurangan yang terjadi.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah kerahasiaan yang tertuang dalam kode etik reviewer. Reviewer tidak diperbolehkan membuat kritik pribadi terhadap penulis, tetapi harus mendukung mereka secara objektif dan membantu penulis untuk menulis artikel yang lebih baik.

“Coba berikan informasi yang sangat informatif kepada penulis agar bisa dipahami. Pastikan juga editor atau reviewer tidak memiliki konflik kepentingan atau hubungan tertentu,” ujar kasubdit dalam obrolan santainya. /Red.ep


Baca juga : https://paipwk.online/ojs

0 comments:

Post a Comment