Wednesday, August 9, 2023

Guru Ujung Tombak Implementasi Kurikulum Merdeka


Purwakarta_PenaGPAI. Kegiatan rutin MGMP PAI Jenjang SMP Kabupaten Purwakarta memperkuat diri adakan belajar bersama IKM Terintegrasi 5 Bunga Karakter dengan agenda pembinaan dari kementrian agama tentang EMIS dan penyusunan CP-TP-ATP-Modul Ajar yang dipimpin langsung oleh ketua MGMP PAI Jenjang SMP Kabupaten Purwakarta Eep Saepul Hayat, MPd pada rabu, 09/08/2023 di SMPN 1 Purwakarta dan dihadiri oleh para pengawas serta guru-guru PAI di sekitar wilayah Kabupaten Purwakarta.


Kompetensi guru menjadi titik tombak dalam penentuan implementasi kurikulum merdeka terhadap peserta didik. Dalam prosesnya guru dituntut untuk bisa terus bereksplorasi salah satunya melalui kegiatan MGMP Mapel. MGMP PAI Jenjang SMP Kabupaten Purwakarta termasuk yang aktif mengadakan pelatihan terhadap anggotanya, seperti yang di sampaikan Pengawas SMP PAI Kabupaten Purwakarta Drs. Sopyan, “saya mengapresiasi guru-guru PAI yang rajin meningkatkan kompetensinya terbukti dengan banyaknya guru-guru PAI yang menjadi kepala sekolah, pengawas maupun kasi” beliau menambahkan. Namun demikian Lulu Makkiyah pengawas lainnya mengingatkan bahwa “seberapa banyaknya kegiatan penting dan modernnya tetap yang utamanya adalah tupoksi sebagai guru” Kegiatan ini juga mengevaluasi PENTAS PAI Jabar yang telah dilakukan beberapa waktu silam serta menyerahkan piala penghargaan kepada sekolah yang berhasil meraih juara di PENTAS Jabar. Alhamdulillah Purwakarta meraih juara 2 cabang MHQ yang diwakili oleh SMP Fulday Al-muhajirin 1, dan Juara 3 cabang Ceramah Putra yang diwakili oleh SMPs Al-Mukhtar.



Kegiatan inti disampaikan oleh Iis Isnawati Wakil Ketua MGMP PAI Jenjang SMP Kabupaten Purwakarta yang juga sebagai pengajar praktik membahas tuntas pembuatan modul ajar IKM terintegrasi TdBA secara komunikatif sehingga tidak membuat peserta jenuh bahkan antusias dengan pertanyaan-pertanyaan yang mendetail. Secara umum beliau mengungkapkan bahwa modul dibuat setelah mengetahui kompetensi awal atau melakukan assesment diagnostik.

Wallaahu a’lam

Baarakallah lanaa wa lakum

Salam Literasi: Indonesia_Berkarya

Dokumentasi: Lulu Makkiyah, Lilis Sumiati, Rini Anggraeni

Red. Ida


Baca juga : Jurnal Mudarris













0 comments:

Post a Comment