Wednesday, October 25, 2023

Reportase : Kegiatan MGMP PAI Lesson Study di SMPN 2 Purwakarta

 

doc.pai

Purwakarta_PENAGPAI 25 Oktober 2023. Hari ini, SMPN 2 Purwakarta menjadi saksi pelaksanaan Lesson Study yang diselenggarakan oleh MGMP PAI (Majelis Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam) yang dihadiri oleh kurang lebih 50 guru PAI dari empat gugus sekolah di wilayah Purwakarta. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru PAI serta memperkuat silaturahmi antar guru.

Guru model untuk kegiatan ini adalah Nopiansah, S.Pd, seorang pendidik berpengalaman yang telah mengabdikan dirinya untuk pendidikan agama Islam selama bertahun-tahun. Bapak Nopiansah akan memandu sesi lesson study hari ini dengan metode yang inovatif dan inspiratif.

doc.pai

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan SMP, H. Asep Rahmatudin, M.Ag. Beliau menekankan pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam menjalankan tugas mereka sebagai pendidik. "Peningkatan kompetensi guru merupakan langkah yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Purwakarta," kata H. Asep Rahmatudin, M.Ag.

Ia juga menyoroti pentingnya silaturahmi antar guru. "Kita sebagai orang dewasa seharusnya sudah memiliki konsep pengembangan diri. Salah satu cirinya adalah memiliki keinginan kuat untuk mensosialisasikan diri dan jiwa sosial yang tinggi. Melalui silaturahmi, kita dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan, sehingga kita dapat tumbuh bersama," tambahnya.

Sesi lesson study dimulai dengan pemaparan guru model, Nopiansah, S.Pd, tentang metode pengajaran yang efektif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ia juga berbagi pengalaman dan tips mengajar yang dapat diterapkan dalam kelas.

Peserta kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok memiliki kesempatan untuk menjalankan praktik mengajar dengan mempraktikkan metode yang telah diajarkan oleh guru model. Setelah itu, mereka melakukan refleksi bersama untuk mendiskusikan hasil praktik mengajar dan mencari solusi atas tantangan yang dihadapi.

doc.pai

Ketua MGMP PAI Purwakarta Eep Saepul Hayat, M.Pd berharap bahwa kegiatan ini dapat mengarahkan peningkatan kompetensi guru PAI sesuai dengan ekspektasi. "Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, kami berharap dapat melihat peningkatan yang nyata dalam kemampuan mengajar guru PAI di wilayah Purwakarta," ujarnya dengan semangat.

Kegiatan Lesson Study MGMP PAI di SMPN 2 Purwakarta ini mencerminkan tekad para guru PAI untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan memberikan yang terbaik bagi generasi muda. Dengan semangat profesionalisme dan berbagi pengalaman, mereka berharap dapat mencapai tujuan tersebut. (red.ep)

Baca juga : Jurnal Mudarris


0 comments:

Post a Comment