Wednesday, January 24, 2024

MGMP PAI SMP Purwakarta Dorong Peningkatan Kompetensi Melalui Berbagi Praktik Baik

 
Local Photo by. Ida [2024] Momen kegiatan MGMP PAI di SMPN 2 Darangdan

Purwakarta_PENAGPAI, Pada hari Rabu, 24 Januari 2024, suasana alam segar di Desa Mekarsari, Darangdan, Purwakarta, menjadi saksi dari kegiatan rutin bulanan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) jenjang SMP. SMPN 2 Darangdan Purwakarta menjadi tuan rumah dengan latar belakang hamparan hijau pesawahan yang menambah kesan alami dan menyejukkan.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka silaturrahmi dan persiapan PENTAS PAI Tingkat Provinsi, sekaligus sebagai forum bagi guru PAI jenjang SMP di Kabupaten Purwakarta untuk berbagi praktik baik dan pengalaman. Pukul 08.00 WIB, puluhan guru PAI berkumpul di sekolah untuk memulai kegiatan yang dipandu oleh Eva Siti Maria, M. Pd.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMPN 2 Darangdan, Drs. Aziz, turut hadir sebagai perwakilan sekolah tuan rumah. Pengawas PAI Kabupaten Purwakarta, Hj. Lulu Makkiyah, M. Pd., serta Nana Riswana, M. Pd., ikut memeriahkan acara dengan memberikan dukungan dan arahan kepada para guru.

Salah satu sorotan utama kegiatan ini adalah penyampaian materi tentang pengelolaan kinerja guru di Pusat Media Majelis (PMM). Materi ini disampaikan dengan penuh keahlian oleh Iis Isnawati, M.Pd., memberikan wawasan baru dan pemahaman mendalam mengenai efektivitas pengelolaan kinerja guru di lingkungan sekolah.

Ketua MGMP PAI Jenjang SMP, Eep Saepul Hayat, M. Pd., juga turut hadir dalam acara ini untuk memberikan arahan dan motivasi kepada para guru. Beliau berharap melalui kegiatan rutin ini, kompetensi guru PAI dapat terus meningkat melalui berbagi praktik baik dan motivasi yang digulirkan.

Adapun agenda kegiatan melibatkan diskusi kelompok, presentasi praktik baik dari masing-masing sekolah, dan sesi tanya jawab. Hal ini menciptakan suasana interaktif dan kolaboratif di antara para guru, membangun sinergi yang positif dalam pengembangan kualitas pendidikan agama Islam di SMP.

Acara ditutup dengan penuh semangat, dan diharapkan kegiatan rutin seperti ini dapat terus dilaksanakan untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru PAI di Kabupaten Purwakarta. Semoga kompetensi guru terus meningkat, memberikan dampak positif bagi pembelajaran agama Islam di sekolah-sekolah di wilayah ini.

Kontributor Ida Kholidah (GPAI SMPN 1 Bungursari)


Baca Juga : Jurnal Mudarris

0 comments:

Post a Comment