Tuesday, February 13, 2024

Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Era Digital

local photo (2024) by. Atin, momen pembelajaran interaktif


Peran Guru dan Penggunaan Platform Interaktif

Oleh: Atien Fauziah

Guru kelas SDN Palinggihan


Saat ini kemajuan teknologi semakin pesat serta berperan penuh dalam kehidupan masyarakat, sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam mendapatkan atau menyampaikan informasi. Begitu juga yang terjadi pada dunia Pendidikan, kemajuan teknologi ini telah membudaya di sekolah. Semua komponen sekolah harus mendukung perubahan budaya menuju penerimaan dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. 

Guru sebagai stakeholder di kelas harus dapat berpartisifasi aktif dalam penerimaan kemajuan teknologi tersebut. Hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi atau media digital adalah melalui pelatihan atau webinar secara berkala. Selain itu juga diperlukan adanya kolaborasi sesama rekan kerja untuk sekedar berbagi pengalaman dalam penggunaan teknologi, terutama yang berhubungan dengan pembelajaran.

Dalam perubahan proses pembelajaran pada era digital diperlukan aksesibilitas teknologi, yakni saat guru menggunakan digital dalam proses pembelajarannya, harus dipastikan semua siswa dapat mengakses informasi pembelajaran yang guru berikan, terutama pada saat pembelajaran dilaksanakan secara daring. Cara yang dapat ditempuh untuk aksesibilitas ini, salah satunya adalah sekolah dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam penyediaan jaringan internet gratis dalam lingkungan masyarakat.

Selain aksesibilitas teknologi, kesenjangan digital juga perlu diperhatikan. Kesenjangan digital yang dimaksud disini adalah ketimpangan yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengakses atau menggunakan teknologi digital (gagap digital). Terutama pada Pendidikan inklusif yang berlaku saat ini, dimana tidak semua siswa dengan kemampuan yang sama dalam satu kelas. Oleh karena itu, yang harus menjadi fokus guru dengan pengambilan inisiatif untuk meminimalisir kesenjangan digital tersebut, salah satu contohnya dengan perpustakaan digital. 

Motivasi dan keterlibatan siswa juga sangat diperlukan dalam proses pembelajaran era digital ini, untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Hal yang dapat dilakukan oleh guru adalah melakukan pembelajaran yang menarik dan relevan dengan keseharian siswa, diantaranya adalah pemanfaatan platform pembelajaran yang interaktif seperti game dan video pembelajaran yang akan menarik minat belajar siswa.

Selain itu dalam proses penilaian dan evaluasi, guru juga perlu mempertimbangkan penggunaan alat evaluasi online untuk mengevaluasi kemajuan siswa yang sesuai dengan konteks digital. Ada banyak sekali fitur-fitur yang dapat digunakan untuk melaksanakan penilaian dan evaluasi online, salah satunya dengan proyek yang berbasis teknologi serta portofolio digital.

Namun terlepas dari kemajuan teknologi dalam pembelajaran, tetap perlu diperhatikan bahwa pembelajaran harus berpusat pada siswa. Teknologi yang kita gunakan hanya sebagai  alat bantu, tetap saja guru harus memadukan teknologi dengan strategi pembelajaran konvensional, karena teknologi tidak dapat menggantikan interaksi antara guru dengan siswa.

Baca juga:  Jurnal Mudarris 





0 comments:

Post a Comment