Friday, January 20, 2023

PROJEK P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN YANG BERTANGGUNG JAWAB



PROJEK P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN YANG BERTANGGUNG JAWAB 

Oleh: Ida Kholidah


Sebagai motivator pigure untuk proyek P5 tema kewirausahaan, koordinator proyek menghadirkan sosok muda  inspiratif”

Kurikulum Merdeka Belajar yang berciri khas proyek telah membangkitkan ghiroh kreatifitas sekolah di Purwakarta untuk menciptakan sesuatu yang khas dari suatu sekolah. Berbagai proyek digulirkan oleh semua sekolah di Purwakarta yang menghasilkan produk dengan berbagai tema yang telah disodorkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.



UPTD SMPN 1 Bungursari memilih tiga tema dengan tiga proyek berdasarkan bakat dan minat siswa. Pertama tema kearipan lokal dengan judul “Pengolahan dan Penanaman Lahan TdBA yang menghasilkan lingkungan sekolah terlihat asri hasil garapan siswa, tema kedua gaya hidup berkelanjutan dengan judul “Pemilahan dan Pengolahan Sampah” yang menghasilkan produk kompos, tong komposter, eco enzym dan fotosintesis bacteria  dan tema ketiga   kewirausahaan dengan judul “Kewirausahaan yang Bertanggung Jawab” yang nantinya diharapkan terciptanya produk kreatifitas siswa yang mempunyai nilai jual salah satunya membuat ecoprint yang menjadi brand school UPTD SMPN 1 Bungursari.



Sebagai motivator pigure untuk proyek kewirausahaan ini koordinator proyek Sulistyarini menghadirkan sosok muda  inspiratif Muhamad Zidane Firdaus peraih prestasi 10 besar produk unggulan UMKM di jawa barat yang telah sukses sebagai pengusaha produk makanan ringan dari melinjo.  Beliau juga menjadi suplayer galeri Menong dan Harper Hotel. Kehadirannya cool sesuai dengan idola anak remaja mampu menghipnotis para siswa di jum’at pagi 20/01/2023 sehingga mereka aktif berinteraksi berbagi ide kreatif untuk menciptakan kreasi produk di akhir proyek nanti.



Sesuai dengan harapan diterapkannya Kurikulum Merdeka bahwa dalam proyek ini siswa dapat belajar sesuai dengan minatnya agar tergali potensi dirinya sehingga tercapai generasi pelajar pancasila.

Wallaahu a’lam

Baarakallah lanaa wa lakum 

0 comments:

Post a Comment