Wednesday, January 11, 2023

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru PAI melalui Program Inovasi yang Terstruktur

 



MGMP PAI CIPTAKAN PROGRAM INOVASI TAHUN 2023

Contributor by. Ida Kholidah
GPAI SMPN 1 Bungirsari

 

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru PAI melalui Program Inovasi yang Terstruktur”

Dalam Undang-undang guru dan dosen disebutkan bahwa “guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevalusi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah”, terlebih sebagai guru agama menurut al-Ghazali, “tugas pendidik yang utama adalah menyempurnakan, membersihkan, menyucikan serta membawakan hati manusia untuk mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah Swt. Hal tersebut karena tujuan pendidikan Islam yang utama adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Nya. Jika pendidik belum mampu membiasakan diri dalam peribadatan peserta didiknya, maka ia mengalami kegagalan dalam tugasnya, sekalipun peserta didiknya memiliki prestasi akademis yang luar biasa. Hal itu mengandung arti akan keterkaitan antara ilmu dan amal sholeh”. Dalam tugas mulia tersebut MGMP sebagai wadah perkumpulan guru-guru Agama Islam berupaya untuk selalu meningkatkan kompetensi guru. Rabu, 11/01/2023 menggelar pertemuan bulanan di SMPN 1 Purwakarta dengan tema Sosialisasi Program MGMP Tahun 2022/2023.

Ketua MGMP PAI Tingkat SMP Kabupaten Purwakarta Eep Saepul Hayat, M.Pd menyampaikan bahwa “program tahun 2023 direalisasikan melalui Sinkronus dan asinkronus melalui LMS Geogle Classroom.” Sedangkan dalam sambutannya Kepala Kementrian Agama H. Sopian, S.Pd.I, M.Si menekankan bahwa “Semua guru PAI harus dibina, dilindungi dan diperhatikan.” Beliau juga mengungkapkan “Ingin mecipkan kerukunan hidup beragama di Purwakarta. “ Menurut beliau tugas Kementrian Agama adalah “Khotibul umamah/ melayani umat, pelaksana kegiatan dan sebagai mitra pemerintah daerah yg hrs necis”, tandasnya dengan semboyan SEHATI (Sehat Jasmani, rihani dan sehat ekonomi, Harmonis, Akuntable, Toleran dan Intelegent konfigurasi)

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Seksi PTK H. Asep Rahmatudin, M.Ag yang mengamanatkan agar guru PAI harus solid agar bisa mewujudkan harapan di tahun 2023, senada dengan KASI PTK Kepala seksi PAIS H. Ito Casmita, M.Ag dalam sambutannya memperkenalkan Pusaka Super Aplikasi dan dihadiri oleh.  Selain itu acara juga dihadiri oleh pengawas PAI SMP Hj. Lulu Makkiyah, S.Ag, M.M.Pd; H. Nana Riswana, S.Ag dan H. Sufiyan, S.Ag serta dihadiri juga oleh beberapa kepala sekolah dan dihadiri kurang lebih 100 GPAI se Kabupaten Purwakarta.

Wallaahu a’lam

Baarakallah lanaa wa lakum

 

#Salam Literasi; Indonesia_Berkarya!!!

#Salam Guru Literat; Semangat_Hebat_Literat !!!

Referensi

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/tugas-peran-serta-tanggung-jawab-seorang-guru/http://www.jejakpendidikan.com/2016/11/tugas-dan-tanggung-jawab-guru.html?m=1

 

 poto poto









0 comments:

Post a Comment